Finance

Dapat THR? 5 Tips Agar Tak Ludes Percuma!

uang
Jangan sampai THR kita cuma numpang lewat! (Photo credit: Pixabay)

Sayaajarkan – Apakah kamu termasuk yang beruntung mendapatkan uang Tunjangan Hari Raya (THR)? Pasti seneng rasanya.

Tapi hati-hati lho, jangan kalap. Sebanyak-banyaknya uang bila tidak diatur penggunaannya dengan baik cepat atau lambat akan habis begitu saja.

Nah, supaya THR kita tidak ludes percuma alias cuma sekedar numpang lewat, sini saya ajarkan caranya!

Tahan Diri

Saat mendapatkan uang banyak, banyak dari kita yang cenderung kalap. Saking senangnya, langsung belanja online ini itu yang tidak terlalu penting.

Sampai akhirnya, tak terasa uang tersebut habis dan kita menyesal tidak bisa menggunakannya saat datang keperluan lain. Nah sebelum terjadi, sebaiknya tahan diri sejenak.

Jangan buru-buru, jangan konsumtif.

Buat Daftar Prioritas

THR hanya datang setahun sekali, jadi wajib dimanfaatkan sebaik mungkin. Jangan banyak beli dulu tapi buatlah daftar kebutuhan, dan urutkan sesuai prioritas.

Mana yang harus menggunakan uang THR, mana yang bisa ditunda. Dana lebih harusnya memberi manfaat yang lebih juga.

Dahulukan kebutuhan, bukan keinginan!

Lunasi Hutang

Melunasi hutang wajib masuk ke dalam daftar prioritas tersebut. Dengan melunasi hutang, beban kita pun berkurang sehingga kita bisa move on dan fokus mengejar hal-hal lain.

Setelah hutang terlunasi, sebaiknya hindari meminjam uang kembali bila tidak benar-benar darurat supaya THR tahun depan tidak perlu dipakai untuk membayar hutang lagi.

Sisihkan untuk Amal

Kalau kamu biasanya merasa kesulitan beramal di hari-hari biasa, THR bisa menjadi kesempatan untuk beramal. Sisihkan sebagian untuk mereka yang membutuhkan.

Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang, masih banyak yang belum seberuntung kamu. Berapa pun jumlahnya akan dapat meringankan beban mereka.

Mari saling membantu. Kalau kita pernah merasakan susah, pasti tahu rasanya betapa sulitnya berjuang melewati masalah.

Baca juga: Hidup Miskin di Hari Tua? Say No dan Lakukan Hal Ini!

Ditabung

Tips meminjam uang yang benar.
Dapat THR? Yuk ditabung! (Photo credit: Pixabay)

Menabung harus jadi salah satu prioritas penggunaan dana THR. Juga sebagai dana jaga-jaga bila di kemudian hari ada keperluan darurat atau hal-hal tidak terduga.

Berbahaya sekali kalau kita tidak punya tabungan. THR kita bisa dimanfaatkan sebagai dana jaga-jaga apabila terjadi PHK dll, seperti yang banyak orang alami di pandemi ini.

Kesimpulan

Hemat bukan berarti pelit. Setelah mengutamakan kebutuhan pokok, tidak ada salahnya menyisihkan uang THR kita untuk menyenangkan diri sendiri dan orang-orang yang kita cintai.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x