Finance

Butuh Uang? Jual Foto di iStock Aja

Yuk, jual foto. Dok/Hindustan Times

SayaAjarkan – Jika saat ini keadaan ekonomi tengah menjadi masalah, ada satu peluang unik yang mungkin bisa kita coba, yaitu jual foto hasil jepretan sendiri di iStock.

Kenapa di iStock? Ya, meskipun foto kalian mungkin dapat harga yang lebih rendah, namun iStock menjual foto dengan lebih teratur dan ke pasar yang lebih luas.

Ini ibarat jadi investasi kecil-kecilan yang layak kita coba. Jauh lebih baik daripada harus meminjam uang, bukan?

Jual foto di iStock, harus mulai dari mana?

Mulailah berkeliling di kota kamu, dan coba ambil beberapa foto untuk dipost. Selain sambil bertahap mengasah keterampilan fotografi, kamu juga berpotensi mengumpulkan banyak sekali foto-foto menarik.

Gambar pemandangan indah yang kita ambil selama liburan, foto taman rumah, atau kerajinan tangan yang kita buat, semua adalah foto-foto potensial yang bisa kita jual di iStock.

Foto di iStock sebagian besar digunakan sebagai gambar ilustrasi dari berita di surat kabar, majalah serta website, hingga untuk menjual produk atau layanan tertentu.

Yang pasti, situs terkemuka seperti iStock adalah salah satu pilihan terbaik bagi siapa saja yang ingin menjual stok fotonya.

Cara menjual foto di Istock

Nah, jika kita memiliki ketertarikan dalam bidang fotografi dan berminat menjual hasil karya kita, berikut ini cara menjual di iStock.

Download aplikasi kontributor by Getty Images lewat App Store ataupun Google Play Store. Kenapa Getty Images? Ini karena iStockphoto sudah diakuisi oleh Getty Images.

Setelah proses download selesai akan muncul tampilan awal. Klik ‘Get started.’ lalu, masukkan alamat email dan negara tempat tinggal untuk proses registrasi. klik ‘Next.’

Usai melakukan itu, klik ‘Photos’ dan masukkan sekitar 3-5 foto dan klik ‘Apply.’ Tunggu sekitar 5-7 hari untuk proses review.

Pada langkah ini, foto yang kalian input akan melalui proses review dulu oleh pihak iStockphoto. Nanti kalian akan mendapatkan panduan via email.

Foto seperti apa yang layak jual?

Meskipun memang mudah untuk menjual foto di iStock, tapi harus kalian perhatikan bahwa tidak sembarangan foto bisa kita jual.

Ada kriteria khusus yang menunjukkan bahwa foto kita layak jual atau tidak. Beberapa kriteria foto yang layak jual adalah:

Ukuran foto yang kita upload harus memiliki ukuran minimal 720×960 pixels dan maksimal 9000×9000 pixels, serta berformat jpg, jpeg, atau png.

Selain itu, foto yang kita upload juga wajib memiliki kualitas tinggi tanpa noise.

Hal berikutnya yang harus kita perhatikan adalah pengetahuan tentang foto seperti apa yang laku di pasaran iStock.

Perhatikan tema bulanan
Setiap bulannya pihak iStock akan mengumumkan trending foto yang sedang banyak dicari. Pengumuman tersebut bisa kita lihat di forum kontributor iStockphoto.

Jadi sebagai kontributor iStockphoto, kita harus rajin mengecek situs forum kontributor.

Custom content on iStock
Cara menjual foto di Istockphoto adalah dengan menggunakan layanan custom content. Di sini pihak iStock akan mengumumkan pada formulir kontributor terkait tema custom content yang sedang dibutuhkan maupun tidak.

Jadi nantinya pembeli akan melihat hasilnya secara langsung dan jika berhasil menarik minat mereka untuk membeli, maka kita bisa langsung dapat cuan.

Event atau momen di Luar Negeri
Perlu kita ketahui bahwa kebanyakan pembeli foto di iStock berasal dari luar negeri terutama Amerika Serikat.

Memperhatikan hal ini, ada baiknya sebagai kontributor ketika pergi ke luar negeri, sempatkanlah untuk mengabadikan banyak momen melalui foto.

Sumber artikel: -https://www.photojobber.com/make-money/how-to-sell-photos-on-istock

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top