Finance

Mau Cepat Kaya? Tumpuk Uang Kamu dengan 5 Langkah Ini

Tidur dengan uang. Dok/Entrepreneur

SayaAjarkan – Apakah saat ini kamu sedang duduk termenung memikirkan uang di rekeningmu yang tinggal sedikit, sementara tanggal gajian masih lumayan lama? Apakah kamu terus menerus mengulang adegan dramatis di setiap bulan, meski setiap ini terjadi kamu selalu berjanji untuk lebih baik kedepannya?

Hmm, jika iya, berhentilah menyalahkan nasib buruk. Apa yang kamu rasakan sebenarnya berakar pada kurangnya strategi mengelola uang, serta rendahnya kedisiplinanmu dalam menjaganya. Kalau terus begini, akan lama waktumu untuk bisa menjadi kaya, karena berapapun uang yang kamu pegang, pada akhirnya akan habis hanya demi memenuhi nafsu sesaatmu.

Lalu, bagaimana cara untuk menghentikan lingkaran derita ini di setiap bulannya? Seperti dikutip dari laman Black Leader, kamu bisa memulainya dengan beberapa langkah kecil ini.

Tips agar uangmu semakin bertambah dari minggu ke minggu

Buatlah rencana keuangan
Percayalah, jika kita berada di hutan liar, kita akan tersesat tanpa peta dan kompas. Begitu juga jika kita berada di lingkaran rayuan belanja dengan segepok uang di tangan. Tanpa rencana keuangan, percaya deh, apa yang kita pegang itu bisa habis lebih cepat dari yang kita bayangkan.

Jadi, mulailah buat rencana keuangan. Dengan cara ini, kita bisa lebih mudah untuk mengontrol dan mengetahui kemana uang kita pergi.

Kita juga bisa mengatur setiap aliran uang masuk dan keluar dalam rencana yang lebih terkontrol dan terarah. Ketika hampir melewati batas, segera cegah agar rencana keuangan tidak berantakan.

Berbelanja dengan Bijak
Ini mungkin sepele. Tapi inilah yang sebenarnya diam-diam menjadi pembunuh kekayaan, yakni belanja secara berlebihan. Banyak sekali orang yang tidak bisa mengendalikan diri untuk membeli sesuatu, padahal barang tersebut bukanlah barang yang urgent untuk kita beli.

Maka untuk mencapai kekayaan yang diinginkan, kita harus bijak dalam membelanjakan uang. Pastikan barang yang kita beli adalah barang yang sudah kita budgetkan untuk dibeli.

Mulailah hindari dulu barang-barang yang tidak terlalu penting untuk dibeli setidaknya sampai kondisi keuangan kita kembali sehat. Ingatlah, semakin pintar kita mengendalikan diri, maka uang kita akan semakin menumpuk di setiap bulannya.

Untuk mengurangi risiko pembengkakan dalam pengeluaran, mulailah untuk selalu membuat daftar belanjaan. Hindari untuk membeli barang yang tidak termasuk dalam daftar, meski menggiurkan sekalipun.

Menabung uang

Paksakan diri untuk menabung
Menabung adalah salah satu kunci penting dari kekayaan. Oleh karena itu, sesulit apapun, paksakan diri untuk melakukannya.

Mulailah dengan nominal berapapun. Akan lebih baik juga jika kita bisa menargetkan sejumlah nominal di setiap bulannya. Ini akan sangat-sangat membantu agar rencana keuangan yang kita buat menjadi semakin kokoh, dan tak mudah untuk dilanggar.

Percayalah, semakin banyak yang bisa kita hemat di setiap bulannya, maka akan semakin banyak hasil yang kita dapat di masa depan.

Selain itu, memiliki tabungan juga bisa jadi senjata kita menghadapi masa depan yang tidak pasti. Saat kita diterpa keadaan sulit dan mendesak, kita bisa melaluinya karena sudah memiliki persiapan yang matang dan dikelola dengan baik di setiap bulannya.

Investasi dan gaya hidup

Mulai berinvestasi
Sayang rasanya jika kita mendiamkan uang tabungan kita begitu saja, sementara kemajuan teknologi yang ada saat ini memberikan ruang bagi kita untuk berinvestasi dan menggandakan tabungan yang kita miliki.

Namun, sebelum melakukannya, pastikan kita sudah benar-benar mempelajari dan mengetahui seluk beluk bidang investasi yang dituju. Ini penting karena investasi memiliki resiko besar yang dapat menjadi bumerang bagi tabungan kita.

Jadi lakukanlah hal ini dengan penuh kewaspadaan, dan gunakan porsi secukupnya dari tabungan, jangan semuanya!

Jika hal ini terasa terlalu menakutkan untuk dijalani, kamu mungkin bisa memanfaatkan waktu luangmu untuk memulai bisnis bisnis kecil yang lebih aman, tidak terlalu melelahkan, namun bisa menambah penghasilanmu.

Hindari gaya hidup berlebihan
Yang terakhir, hiduplah secukupnya. Salah satu hal yang dapat membawa kita kembali terjun ke jurang kemiskinan, adalah ketidakmampuan dalam mengontrol gaya hidup. Jadi, patuhilah anggaran bulanan yang telah dibuat, dan jangan memaksakan hidup di atas pemasukan yang kita miliki, apalagi kalau sampai harus berhutang.

Agar mempermudah hal ini, mulailah pilihlah lingkungan sosial yang sederhana. Sejumlah gaya hidup di era modern seperti minimalis dan sebagainya juga bisa kita ikuti dan terapkan di kehidupan sehari-hari.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x