Finance

Teman sedang Kesulitan Ekonomi? Bantu dengan Cara Ini

Kesulitan ekonomi. Dok/iStockphoto

SayaAjarkan – Beberapa dari kita saat ini mungkin sedang berjuang menghadapi masalah yang cukup pelik. Salah satunya adalah kesulitan dalam hal ekonomi.

Tidak bisa dipungkiri, pandemi Covid-19 yang sudah berjalan lebih dari dua tahun, sukses memporak-porandakan ekonomi, serta membuat sebagian orang kehilangan pekerjaannya dan terjebak dalam jeratan kebutuhan yang menyakitkan.

Keadaan seperti ini tidak bisa pulih hanya dengan motivasi di internet. Karena ketika seseorang kehilangan pekerjaannya, kekhawatiran tentang bagaimana menghadirkan makanan di meja untuk keluarga, membayar cicilan rumah, biaya sekolah, dan lain-lain, akan bertumpuk menjadi satu dan menekannya dari hari ke hari.

Kesulitan ini tak jarang membuat beberapa dari mereka mengambil jalan pintas, seperti berutang. Akhirnya, karena tak mampu bayar, pinjaman tersebut kemudian akan menyatu dengan kebutuhan lain, dan berguling bak bola salju. Mengerikan bukan?

Kabar baiknya, mereka tidak sendirian. Jika kita berada dalam kondisi ekonomi yang lebih baik, dan salah satu dari mereka adalah teman atau kerabat dekat kita, mungkin tak ada salahnya untuk sedikit membantu.

Beberapa hal yang mungkin bisa kita tawarkan, antara lain:

Jika ia memiliki anak kecil, mungkin kita bisa memperbolehkannya untuk menitipkannya ke rumah kita, di saat ia akan melakukan wawancara kerja.

Kalau tempat tujuan wawancara memiliki jarak yang tidak terlalu jauh, atau kebetulan searah, mungkin kita bisa menawarkan diri untuk mengantarnya.

Kita juga bisa memberikan voucher untuk belanja online, atau voucher di toko kelontong/departement store untuknya. Ini adalah cara yang halus untuk memberikan bantuan, tanpa menyinggung hatinya.

Sedang berencana memesan makanan secara online? Cobalah sempatkan diri mengirimkan makanan ke rumahnya, sehingga mereka tidak perlu berpikir tentang kebutuhan makan di hari itu.

Tawarkan juga beberapa barang yang sudah tidak kita pakai, yang sekiranya akan berguna untuk mereka

Selain itu, mulailah kirimkan beberapa info lowongan pekerjaan yang tersedia, dan menawarkan diri kita sebagai referensi. Kita juga bisa menyarankannya untuk memastikan bahwa ia memiliki jaminan kesejahteraan dari pemerintah, seperti BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, hingga Kartu Prakerja.

Atau, kita juga bisa melibatkannya dalam usaha yang sedang kita jalankan

Saat teman kita stres dengan kesulitan yang dihadapinya

Jika teman atau kerabat kita terlihat down akibat kondisi keuangan yang dialaminya, kita mungkin bisa sedikit meringankan bebannya, seperti mentraktirnya makan atau bersantai di cafe.

Yang terpenting, dengarkan keluh kesahnya. Terkadang, mendengarkan adalah cara terbaik untuk membantu seseorang mempertimbangkan pilihan karier, mencari prospek pekerjaan, mewawancarai, dan mengevaluasi tawaran pekerjaan.

Selain itu, usahakan juga untuk terus menindaklanjuti juga bagaimana mereka menghadapi kesulitan itu.

Menawarkan bantuan itu luar biasa, tetapi menindaklanjuti dan memeriksa kemajuan mereka, akan lebih dihargai. Banyak orang menawarkan sekali dan kemudian lupa. So jadilah orang yang tetap berhubungan.

Manfaat tersembunyi dalam membantu seseorang

Meski kamu tak mengharapkan pamrih, namun percayalah kalau ada manfaat tersembunyi dari yang kamu lakukan.

Teman-teman kamu akan ingat bahwa kamu pernah membantu mencarikan mereka pekerjaan, membelikan mereka kopi, atau apa pun yang kamu lakukan untuk mendukungnya.

Mereka akan mengingat kamu saat mereka menemukan posisi yang bagus dan cocok untuk kamu. Semua waktu yang kamu habiskan untuk membantu, pada akhirnya akan terasa sepadan dengan apa yang kamu dapatkan.

Dan kamu akan merasa senang, karena kamu telah melakukan semua hal yang terbaik, untuk membantu mereka.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top