Finance

Mengenal Dogecoin: Awalnya Lelucon, Kini Menjanjikan

Ilustrasi Dogecoin. Dok/Pixabay

SayaAjarkan – Sebelum membahas Dogecoin, perlu kita ketahui bahwa seiring dengan kemajuan zaman, investasi pun kian beragam. Yang paling populer saat ini adalah keberadaan uang digital atau Cryptocurrency. Pasalnya, investasi ini terkenal dengan high return, alias pengembalian yang tinggi.

Tak heran, investasi kripto pun terus menguat, dan bahkan melesat jauh. Kepopulerannya nampak dari para investor kripto yang jumlahnya terus bertambah, termasuk di Indonesia.

Nah, yang harus kita sadari, aset kripto tak melulu tentang Bitcoin. Ada banyak mata uang digital lain yang saat ini juga mulai mengalami popularitas tinggi dan konon menguntungkan.

Mengenal Dogecoin

Salah satu yang paling menarik, adalah Dogecoin. Koin virtual buatan Billy Markus (insinyur perangkat lunak IBM) dan Jackson Palmer (Insinyur perangkat lunak Adobe) ini memang awalnya lahir sebagai lelucon belaka. Lihat saja logonya, yang memungut meme populer bergambar anjing asal Jepang, Shiba Inu. Nama Doge sendiri merupakan ejaan yang salah dari kata ‘Dog’ alias anjing.

Namun, kelucuan tersebut pada akhirnya menjadi sebuah bisnis penting. Dogecoin yang merupakan cryptocurrency terdesentralisasi berdasarkan meme doge, menjelma sebagai salah satu uang kripto yang patut diperhitungkan.

Dalam dua tahun belakangan, tepatnya pada 2021, Dogecoin meledak dan memperoleh kenaikan hingga lebih lima ribu persen. Banyak faktor yang mempengaruhi ledakan tersebut, salah satunya adalah CEO Tesla, Elon Musk, yang menyebut jika koin virtual tersebut adalah mata uang kripto favoritnya.

Di beberapa minggu ini, Dogecoin juga kembali melonjak hingga 100 persen lebih. Penyebabnya lagi-lagi Elon Musk, yang menyiratkan kemungkinan jika ia akan memakai uang virtual tersebut sebagai alat pembayaran di platform Twitter, yang baru saja dibelinya.

Kelebihan dan Kekurangan

Seperti yang sudah kita baca di atas, Dogecoin merupakan Altcoin, atau cryptocurrency lain yang meluncur setelah kesuksesan Bitcoin.

Koin ini memiliki sejumlah kelebihan, antara lain jumlah yang tidak terbatas, nilai tukar yang lebih murah, serta tingkat penerbitan dan popularitas yang tinggi. Selain itu, Dogecoin juga bisa jadi alat pembayaran yang sah di beberapa platform e-commerce luar negeri. Salah satunya adalah e-Bay.

Namun di luar itu, kelemahan juga cukup banyak, di antaranya harganya yang mudah berubah, rentan terhadap isu, serta pengembangannya yang lumayan terbatas.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mulai memiliki koin ini sebagai salah satu aset investasi kamu?

Ingat, meski terkesan menjanjikan, keberhati-hatian harus tetap kamu utamakan. Terutama jika melihat harganya yang mudah berubah.

Saran kami, selalu cermat dalam berinvestasi, ya!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top