Self Development

Buah Hati: Cara Mendukung dan Menghadapi Potensinya

Sayaajarkan – Menjadi orang tua tentu saja merupakan hal yang luar biasa, apalagi jika kita memiliki buah hati yang ceria dan sudah menunjukkan bakat dan potensinya sejak dini. Si kecil bisa jadi cukup ekspresif dan ingin mencoba segala hal, atau mungkin dia kadang malu dan takut untuk melakukan sesuatu yang disukainya. Yuk, simak tips berikut untuk lebih memahami keunikan dan bakat buah hati kita demi masa depan dan cita-citanya.

Kenali hal-hal yang menarik minat buah hati

Coba perhatikan kegemaran-kegemarannya. Hal-hal yang membuatnya senang dan sering ingin dia lakukan. Ajak buah hati bicara pelan-pelan tentang hal yang menarik minatnya dan tanyakan kenapa hal itu membuatnya senang.

Buah Hati

Sadari bahwa setiap potensi itu unik dan bisa apa saja

Mungkin si kecil ikut-ikutan ke dapur karena menyukai makanan yang dibuat ibunya dan ingin mencoba membuat kuenya sendiri. Mungkin juga dia suka memukul-mukul barang karena suka dengan bunyi yang dia dengar dan suara yang dihasilkan.

Apapun itu, orang tua diharapkan untuk berpikir terbuka dan membiarkan buah hati mengeksplor hal-hal yang menarik minat untuk menunjukkan potensinya.

Buah Hati

Fokus pada kelebihannya

Yakinlah bahwa setiap anak memiliki bakatnya masing-masing dan hal-hal yang dilakukannya pasti memiliki sisi positif. Bertindaklah sebagai pemerhati dan supporter untuk buah hati sehingga dia juga percaya pada dirinya sendiri dan kemampuan yang dia miliki.

Ciptakan lingkungan yang mendukung stimulasi potensi

Dukungan dari orang tua secara mental dan fisik sangat berpengaruh terhadap perkembangan potensi yang dimiliki. Mengarahkan buah hati sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya adalah salah satu hal terbaik yang bisa kita lakukan.

Kita bisa mengikutsertakan buah hati untuk kursus musik atau tari sesuai dengan kesukaannya atau membiarkan dia mencoba untuk berkarya sendiri. Dengan begini, si kecil menjadi lebih semangat karena tahu bahwa orang tuanya juga peduli dengan hal-hal yang menarik minatnya.

Buah Hati

Berikan asupan yang bernutrisi untuk mengasah kecerdasan otak

Salah satu bentuk dukungan terpenting untuk si kecil adalah dengan memberikan makanan yang sehat dan bernutrisi untuk perkembangan otaknya. Dengan asupan nutrisi yang cukup, tentunya buah hati akan selalu sehat untuk menunjukkan bakat-bakat terpendamnya.

Nah, banyak kan yang bisa kita lakukan sebagai orang tua untuk mendukung potensi si kecil? Mulailah hal-hal tersebut sejak dini, dan ingat bahwa setiap anak berhak mendapatkan kesempatan untuk membuktikan bakat dan mengejar mimpinya.

Video di atas merupakan seminar dari Samantha Ettus, seorang penulis lulusan dari Havard, mengenai rahasia membuka potensi anak.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x