Self Development

Ragu Mengambil Keputusan? Pertimbangkan Hal Ini

Keputusan

Sayaajarkan – Dalam menjalani hidup semua orang akan dihadapkan pada pilihan. Siap atau tidak siap, pada akhirnya kita harus mengambil sebuah keputusan yang akan berpengaruh pada kehidupan kita ke depannya.

Saat menghadapi itu, sangatlah manusiawi jika kita lantas merasa ragu akan keputusan yang kita ambil. Pengaruh orang lain dan kurangnya pertimbangan matang-matang sangat beresiko membawa kita ke langkah yang salah.

Karena itu, ada baiknya untuk menjadikan rasa ragu sebagai cara untuk berhati-hati. Dan seperti dikutip dari Lifehack.org, berikut beberapa hal yang bisa kita perhatikan saat ragu dalam membuat keputusan.

Hadapi Rasa Takut

Hadapi rasa takut dengan mencoba untuk menuliskan beberapa resiko terburuk yang bisa dialami akibat keputusan yang akan kita buat. Dari list-list yang kita tulis, pikirkanlah apa yang akan kita lakukan untuk mengatasinya.

Saat berhasil menemukan cara untuk menyelesaikan skenario terburuk, maka akan semakin ringan langkah kita untuk membuat suata langkah.

keputusan

Hadapi rasa takut. Credit Photo: www.crossnews.am

Buatlah Daftar Pro-Kontra 

Ketika kita terjebak pada dua pilihan yang terlihat sama-sama baik, luangkan waktu untuk menuliskan hal positif dan negatif pada masing-masing pilihan.

Biasanya, ketika satu pilihan mendapat banyak poin positif yang lebih banyak ketimbang pilihan satunya, pikiran kita akan mulai subyektif dan mulai bisa menentukan mana yang terbaik buat kita.

Keputusan

Hati-hati dengan Keinginan Sesaat

Para ahli mengatakan bahwa keputusan yang salah biasanya diambil lantaran kita bingung menentukan antara keinginan dengan apa yang kita sukai.

Emosi yang tercipta dari keinginan sesaat terkadang bisa membiaskan pemahaman kita tentang apa yang sebenarnya kita sukai. Contohnya jika kita tertarik untuk memotong pendek rambut. Apakah kita akan menyukainya? Belum pasti.

Karena itu, ketika kita sedang mengerjakan poin nomor 1 dan 2. Coba pikirkan seberapa penting putusan itu bagi kita. Dan pastikan hal yang kita pilih adalah sebuah hal yang memang bagian dari ‘diri’ kita.

Hargai Keputusan

Ketika kita sudah mengambil sebuah langkah. Berbahagialah dengan itu. Akan selalu ada orang yang berpikir kalau langkah yang kita ambil adalah sebuah kesalahan. Tapi, jika anda berbahagia dengan keputusan anda, tak ada alasan untuk perduli dengan ucapan mereka.

keputusan

Dengan mengambil langkah yang tepat bisa menggiring kita untuk sesuau hal yang baik kedepannya. Bisa saja lho, keputusan yang kita ambil akhirnya membuat kita menjadi orang kaya kedepannya!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x