Self Development

Menjadi Diri Sendiri Dalam Kehidupan

Diri sendiri

Sayaajarkan – Berapa banyak dari kita yang ingin jadi diri sendiri namun pada akhirnya mengalah untuk menjadi orang lain inginkan karena menginginkan pengakuan.

Tidak ada segala sesuatu yang instan, segalanya dibentuk dengan usaha dan kebiasan yang kita lakukan setiap hari yang akan membentuk karakter kita. Di dalam perkembangan jaman dan pergaulan hidup sekarang, membuat seseorang berusaha menjadi pribadi yang menarik atau dapat diterima dan disukai semua orang. Untuk semuanya itu, tanpa sadar kita menjadikan diri kita sesuai dengan ekspetasi orang lain dengan arti kita melakukan sesuatu untuk orang lain untuk mendapatkan sebuah penerimaan.

Ketika kita sudah meraih semua kesenangan dan segala sesuatu yang nikmat di dunia ini, suatu saat kita akan mengalami masa jenuh untuk menjadi seperti yang orang lain inginkan. Di saat itulah kita menanyakan siapakah siapakah diri kita saat ini ?

Berikut beberapa yang dapat kita lakukan untuk dapat menjadi seorang yang jujur terhadap dirinya sendiri:

1. Tahu Apa Yang Menjadi Keinginannya

Ego adalah struktur psikis yang berhubungan dengan konsep tentang diri, diatur oleh prinsip realitas dan ditandai oleh kemampuan untuk mentoleransi frustasi. Egois adalah sebuah sikap yang cenderung mementingakan diri sendiri. Tidak ada yang salah jika seseorang terkadang egois karena atas dasar keingintahuan dan keinginannya, seseorang akan terus mencari hingga menemukan dan mendapatkan yang diinginkan.

Jika kita tahu apa yang menjadi keinginan kita itu bukanlah sesuatu yang egois, tetapi karena kita ingin tahu apa yang membuat kita menginginkan sesuatu tersebut. Untuk menjadi pribadi yang jujur terhadap dirinya sendiri, kita harus tahu hal kecil apa yang membuat kita bahagia. So self happiness is important guys.

diri sendiri

Tahu keinginan kita. Credit Photo: Istock

2. Mencoba Untuk Menjadi Pribadi Yang Berbeda

Ketika kita membentuk diri kita dengan ekspektasi orang lain, maka ini akan membuat kita menjadi orang lain dan selalu bergantung dengan apa kata orang lain. Maka pada akhirnya kita tidak menemukan sesuatu yang berbeda malah kita akan menjadi sama dengan orang lainnya.

Tetapi akan berbeda jika kita mencoba untuk diri sendiri, kita bisa menawarkan sesuatu yang berbeda. Di antaranya, kita bisa memberikan sebuah pandangan positif dalam bergaul dan bekerja. Jika kita sudah jujur terhadap diri kita, teman, pekerjaan dan pasangan akan datang seiring berjalannya waktu. Dan itu adalah bonus kehidupan.

Diri sendiri

Pribadi yang berbeda. Credit Photo: www.billmuehlenberg.com

3. Tidak Melakukan Sesuatu Karena Orang Menyuruh-nya

Be a Yes man and you can pleased everyone. Betul, kita bisa sangat disukai oleh setiap orang jika kita menuruti permintaan yang mereka inginkan. Tapi apakah yang kita kerjakan benar-benar apa yang kita inginkan? Jika hanya ingin membuat orang senang, apakah juga membuat kita senang? Mungkin iya, tapi sementara.

Semakin kita dewasa, kita akan sadar bahwa melakukan apa yang diinginkan orang lain, hanya akan membantu apa yang diinginkan orang tersebut. Contohnya orang tua kita ingin kita menjadi dokter. Padahal mungkin kita ingin sekali menjadi seniman. Yang akan bahagia adalah orang tua kita dia akan sangat bangga anaknya menjadi seorang dokter. Kita?

diri sendiri

Quotes dari Steve Jobs untuk jadi diri sendiri. Credit Photo: goalcast.com

Jadi mulai ganti pola pikir dan sikap kita. Seperti point di awal, kita harus tau apa yang mau kita gapai untuk diri sendiri. Kita akan dihargai sebagai siapa kita bukan dihargai karena kita selalu bisa menyenangkan keinginan orang lain. Jadi berhentilah untuk melakukan apa yang diminta orang atas diri kita.

So it is okay to be selfish sometimes, and be different from what this world could be. Just stay true to yourself then you know when the time comes everything will be okay in the end and the process you’ve been through is paid of.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x