Self Development

Penyebab Kesepian dan Cara Mengatasinya

Kesepian. Credit Photo: www.xcnnews.com

Sayaajarkan – Dalam hidup ini terkadang ada saat-saat dimana kita merasa sangat kesepian. Tanpa tahu pasti penyebab kesepian yang kita rasakan, hidup jadi terasa berat lantaran tidak ada orang yang dapat diajak berbagi, tidak ada orang yang mengerti, terisolasi, bahkan keberadaan kita pun seperti tidak dipedulikan.

Perasaan tersebut sangat tidak menyenangkan, dan jika terus menerus terjadi akan menjurus pada depresi panjang. Pada sejumlah kasus yang ekstrem, depresi ini akhirnya diakhiri dengan menjual diri, penggunaan obat terlarang bahkan bunuh diri.

Mari kita simak satu per satu penyebab kesepian:

Penyebab Kesepian dan Solusinya

kerap muncul ketika kita sudah merasa kehilangan arah hidup, kehilangan semangat, dan sebagainya. Credit Photo: www.techcrunch.com

1. Adanya Perubahan

Transisi kehidupan adalah salah satu faktor yang membuat orang mengalami kesepian. Contohnya ketika usia kita beranjak tua sementara anak-anak sudah menikah dan tinggal di rumahnya sendiri-sendiri. Selain itu, pensiun, sakit keras atau ganti pekerjaan juga bisa menyebabkan perasaan ini.

2) Adanya Perpisahan

Adanya jarak dengan orang yang kita sayangi/kasihi bisa membuat kita merasa kesepian. Misalnya terisolasi karena kondisi (tugas kuliah, wajib militer, dll) dan apalagi susah dijangkau komunikasinya. Kehilangan sosok yang sebelumnya memberikan kita memori dan suatu kebiasaan tertentu, juga akan memberikan perasaan sepi. Misalnya perceraian/perpisahaan dengan kekasih.

3) Dipermalukan/Direndahkan

Manusia adalah makhluk sosial. Dan sudah menjadi sifat kita bahwa kita ingin sedikitnya mendapat pengakuan dari orang lain. Karena itulah, jika kita mendapat komentar yang merendahkan apalagi di depan orang lain, kita akan merasa terpojok dan akhirnya kesepian.

4) Adanya Penolakan

Ketika seseorang tidak mendapat tempat dalam satu komunitas atau kelompok, akan muncul rasa kesepian lantaran merasa tidak dicintai, tidak berguna dan lain sebagainya. Penolakan jenis ini menurut banyak penelitian adalah jenis yang paling sulit ditangani, karena kebanyakan sudah salah mengerti tentang dirinya dan terlanjur membangun stigma tentang dirinya sendiri.

Penyebab Kesepian dan Solusinya

Kebanyakan orang enggan mencari tahu penyebab kesepian  dan memilih merasakannya sendiri. Credit Photo: www.godinterest.com

Jadi, jika sudah begini, apa yang harus dilakukan? Diambil dari berbagai sumber, ini beberapa langkahnya.

1) Tulis Di Diary/Jurnal

Dengan menulis di jurnal, akan sangat membantu untuk meluapkan emosi yang ada di dalam hati yang tidak bisa kita katakan pada orang lain. Carilah tempat yang nyaman dan tenang

Tulislah apa yang membuat kita merasa tidak nyaman, misalnya “Aku merasa kesepian karena…”, “Aku tidak tahu kenapa akhir-akhir sering merasa kesepian, bahkan teman yang aku anggap dekat pun ….”, “Aku merasa kesepian saat…”

2) Berlatih Meditasi

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa meditasi ternyata efektif lho untuk mengurangi stress dan perasaan depresi. Dan dalam kondisi emosi yang tidak stabil, maka proses meditasi ini perlu dilakukan secara teratur dan berulang kali agar kita bisa mendapatkan hasil maksimal. Maka, sebaiknya pergilah ke kelas meditasi yang ada.

3) Berbicara Dengan Orang Yang Dipercaya/Psikolog

Cara paling cepat untuk meredakan rasa kesepian adalah temukan orang/teman yang bisa dipercaya untuk berbagi. Masalahnya ada dua, 1) Sulit menemukan orang yang bisa dipercaya, atau 2) Kita punya beberapa orang yang bisa dipercaya, tapi kita tidak bisa/tidak mau menceritakannya kepada mereka.

Maka, kalau sudah begini pihak ketiga sepertinya lebih tepat, yaitu seorang psikolog/konselor. Dimana kita akan merasa lebih bebas untuk bercerita tanpa ada rasa cemas menyakiti atau membebani orang lain. Selain itu, kesepian adalah salah satu gejala bahwa kita mengalami gangguan kesehatan mental. Maka serahkanlah pada dokternya.

Penyebab Kesepian dan Solusinya

Bagi orang yang kesepian, berbicara kepada psikolog akan terasa lebih mudah karena ia bebas bercerita tanpa ada rasa cemas menyakiti atau membebani orang di sekitarnya. Credit Photo: bbc.com

4) Memelihara Hewan

Penelitian menunjukkan bahwa memelihara hewan juga bisa meredakan rasa kesepian dan stres yang melanda. Ini dikarenakan sejak zaman dulu, hewan dianggap teman yang baik untuk tinggal di dalam rumah. Kasih tanpa syarat dari hewan bisa membuat kita merasa lebih tenteram dan tidak kesepian.

5) Bergabung Lagi di Klub Sosial

Coba mencari teman baru atau kegiatan baru yang bisa mengalihkan perasaan kita. Kegiatannya bisa macam-macam, dari klub buku, tim olahraga, atau sukarelawan.

Bila malu bertemu langsung, bisa mencoba cari komunitas di internet. Dan sebaiknya untuk bergabung di komunitas, carilah yang punya hobi atau minat yang sama. Agar kita merasa nyaman dan tidak merasa kesepian lagi.

Itulah tadi penyebab dan sedikit tips untuk meredakan rasa kesepian. Bila di antara keluarga atau kerabat kita ada yang terlihat seperti sedang berjuang dengan perasaan ini, tak ada salahnya untuk mengulurkan tangan.

Hanya dengan meluangkan sedikit waktu untuk mendengarkan, hal itu bisa memberikan dampak positif yang lebih besar dari yang kita kira.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x