Self Development

Tips Ampuh Mengatasi Demam Panggung

Tips atasi demam panggung. Credit photo: incimages.com

Sayaajarkan – Demam panggung merupakan hal yang lazim dialami banyak orang ketika berbicara di depan umum. Jangankan orang awam yang tidak pernah melakukannya, seseorang yang sudah sering berbicara di depan umum dan memiliki tingkat percaya diri tinggi pun dapat mengalami hal ini.

Masalah demam panggung harus menjadi perhatian khusus karena menyangkut reputasi diri atau instansi. Berikut tips mengatasi demam panggung yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Cara Mudah Usir Demam Panggung

Hindari berpikir negatif

Seperti dikutip dari Wikihow, salah satu pemicu rasa gugup adalah karena pikiran negatif yang kita ciptakan sendiri. Berpikir negatif dapat mengakibatkan fokus terganggu, grogi, dan tidak tampil dengan maksimal. Oleh karena itu, sebisa mungkin usir pikiran negatif ketika akan naik panggung.

Sering berpendapat

Biasakan diri untuk sering berpendapat. Kemampuan berbicara di depan umum bukan didapat dari lahir tetapi karena kebiasaan dan latihan.

Sebagai bentuk latihan, mulailah dengan sering berinisiatif dan mengungkapkan pemikiran kita ke teman, rekan kerja, saudara, dan lain sebagainya. Dengan melakukan hal ini, maka rasa percaya diri kita pun akan naik.

Siap atau tidak, pada akhirnya kita akan tetap berbicara di depan umum. Jadi lebih baik berikan yang terbaik. Credit photo: entrepreneur.com
Siap atau tidak, pada akhirnya kita akan tetap berbicara di depan umum. Jadi lebih baik berikan yang terbaik. Credit photo: entrepreneur.com

Hindari kafein

Sebaiknya jangan mengkonsumsi kafein dari teh atau kopi sebelum berbicara di depan umum. Selain jadi sering buang air kecil, efek dari kafein dapat meningkatkan detak jantung dan membuat kita jadi lebih gelisah dan gugup. Minumlah air putih atau jus buah secukupnya.

Banyak berlatih

Jika kita merasa sudah saatnya mengatasi demam panggung dan mulai butuh keterampilan berbicara di depan umum, maka buatlah jadwal untuk berlatih.

Orang yang ingin menggapai kesuksesan karier harus mampu berbicara di depan umum dengan baik. Berlatihlah dulu dengan memperlancar cara bicara, gaya bahasa, intonasi, dan sebagainya di depan cermin. Perkaya wawasan kita dan bersikap aktiflah saat sedang ngobrol dengan teman atau keluarga.

Jangan melewatkan kesempatan

Apabila ada kesempatan berbicara di depan umum, sebaiknya jangan kita hindari atau tolak. Karena hal ini akan membuat kita terbiasa dan rasa percaya diri kita akan berangsur-angsur naik.

Jika sebelumnya kita suka melemparkan ke orang lain, maka mulailah untuk mengontrol diri dan menggunakan kesempatan ini.

Pentingnya Wawasan dan Penampilan dalam Atasi Demam Panggung

Menambah wawasan

Semakin luas wawasan kita, maka akan semakin banyak pula bahan pembicaraan yang dapat kita sampaikan. Sehingga kita tidak akan kekurangan bahan ketika berbicara di depan umum. Rajinlah mencari informasi baik dari obrolan, koran, internet, atau televisi.

Perhatikan penampilan

Meskipun terkesan sepele, namun hal ini akan sangat mengganggu dan membuat rasa tidak nyaman. Jangan sampai kepercayaan diri kita berkurang hanya gara-gara pakaian yang kita kenakan.

Termasuk perhatikan segala assesoris atau atribut yang kita pakai. Bila perlu, jangan sungkan meminta pendapat seseorang untuk menilai penampilan kita.

Sumber:

– https://ilmuseni.com/seni-pertunjukan/cara-mengatasi-demam-panggung
– https://www.shopback.co.id/blog/cara-mengatasi-demam-panggung-ini-sebelum-presentasi

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top