Personal

Kursus Online Gratis yang Rugi Banget Kalau Dilewatkan

Yuk ikutan kursus online gratis!

Sayaajarkan – Tanpa pandemi Covid-19 saja hidup sudah susah bagi banyak orang. Apalagi sekarang. Banyak karyawan jadi korban PHK, dipotong gajinya, hingga pengangguran yang semakin kesulitan mencari lowongan pekerjaan. Tapi daripada meratapi nasib, mending kita ikutan kursus online gratis yang banyak bertebaran di internet.

Menjajal skill baru, meningkatkan keterampilan dan mulai belajar berwirausaha bisa menjadi bentuk ikhtiar dalam menghadapi masa sulit. Ibarat peribahasa, di mana ada kemauan di situ ada jalan.

Gagal tembus Kartu Pra Kerja? Tenang saja, selain harus coba terus, internet menawarkan berjuta kesempatan dan sumber alternatif untuk kita belajar secara online. Ada berbagai macam kelas yang bisa kita ikuti. 

Banyak kursus online gratis di dunia maya!

Merasa biaya asah skill digital terlalu mahal? Cari saja yang gratis! Misalnya saja dua kursus online gratis berikut yang rugi banget kalau dilewatkan. Semua orang bisa mencobanya kok! Selain cuma-cuma, ilmunya bermanfaat banget.

Yuk ah daripada nganggur sia-sia!

Digital Marketing (Digital Garage)

Lewat program besutan Google bernama Digital Garage, kita bisa mengakses banyak kursus digital yang bermanfaat banget ilmunya bagi karier maupun bisnis kita. Salah satunya adalah kursus Fundamentals of Digital Marketing.

Dalam kursus ini kita akan mempelajari apa itu pemasaran digital dari awal sehingga ketika telah menyelesaikannya kita akan benar-benar memiliki pemahaman menyeluruh tentang hal tersebut. Mulai dari alasan mengapa kita harus meng-online-kan bisnis kita atau mengapa kita harus berbisnis online, hingga hal-hal yang harus dilakukan di tahap awal.

Google Digital Garage. Photo Credit: Via Virginmoney.com

Setelah menyelesaikan quiz atau tes di setiap topik, kita akan mendapatkan sertifikat yang bisa kemudian dipajang di profil Linkedin kita. Pelajarannya gratis, begitu juga sertifikatnya.

Nah dari situ kita bisa mengasah ketrampilan kita dengan mengikuti kursus lainnya seperti bagaimana mempromosikan bisnis menggunakan iklan online berbayar, atau dengan praktek langsung. Nggak ada ruginya kan? Pengetahuan yang kita dapatkan ini berguna banget apapun jenis usaha yang hendak kita mulai. Bisa untuk memoles CV juga!

Coding (Codecademy dan Freecodecamp)

Bukan rahasia lagi bahwa coding adalah salah satu ilmu paling dibutuhkan di era serba digital ini. Siapa yang tidak mengakses internet, memakai apps untuk pesan ojek hingga makan dan hotel, hingga mencari hiburan via online?

Belajar coding.
Gak perlu langsung belajar coding yang rumit, mulailah dari yang mudah-mudah dulu, yang penting rutin. Photo Credit: Dctacademy.com

Para programmer komputer lah yang mengeksekusi semua ide brilian tersebut ke dalam bentuk website, maupun software yang terinstal di laptop maupun smartphone. Sudah tahu dong bahwa tidak perlu belajar di universitas untuk menguasai ilmu-ilmu terkait? Yang penting punya komputer serta kuota internet atau koneksi wifi saja!

Selain bisa mengikuti bootcamp coding berbayar, kita juga bisa belajar menjadi frontend maupun backend developer secara otodidak melalui banyak kursus online dan tutorial gratis yang tersebar. Kuncinya hanya passion dan tidak cepat bosan.

Codecademy dan Freecodecamp merupakan dua diantara banyaknya sumber belajar coding gratis ternama di dunia maya. Ayo, tunggu apalagi? Selain siapa tahu bisa bekerja sebagai programmer di perusahaan, bisa juga bekerja secara freelance bukan?

Punya rekomendasi kursus online gratis lainnya yang patut dicoba? Let us know ya!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x