Self Development

Pernikahan: Tips Agar Langgeng dan Bahagia

Pernikahan. Dok/Your Tango

Sayaajarkan – Pernikahan bukan sebuah percobaan, tetapi sebuah pelajaran yang dilakukan baik oleh wanita ataupun lak-laki seumur hidup.

Para Psikologis, terapis dan konselor mendapat sebuah bayaran untuk mengamati dan menganalisa pasangan-pasangan pengantin. Menariknya, pada akhirnya mereka menerapkan apa yang mereka observasi dari pasangan ini untuk mereka sendiri.

Tidak banyak orang yang bisa membuat pernikahannya berhasil, malah kadangkala ada juga yang berpisah di tengah jalan. Alasannya macam-macam,  mulai karena tidak menemukan jalan pikiran yang sama, atau sudah merasa tidak ada kecocokan lagi dalam pernikahannya.

Nah,  buat kamu pengantin baru yang mencari beberapa wejangan dan nasihat, berikut rahasia agar pernihakan bertahan seumur hidup.

Tips agar pernikahan langgeng dan bahagia

Buatlah Pasangan Kita Sebagai Priortitas Kita

Pernikahan nomor satu, anak nomor dua dan pekerjaan nomor tiga. Dengan memprioritaskan pernikahan kita di nomor satu, anak kita akan tumbuh dalam kondisi yang baik, dan dalam pembentukan karakter yang baik.

Kita tdak perlu kuatir akan perkerjaan kita, karena dengan mengatur waktu kita dengan baik, maka pekerjaan kita juga akan maksimal.

Kalau bisa, jangan membalik prioritas ini. Sekalipun memang ada beberapa pasangan yang menerapkan berbeda, hasilnya akan kelihatan pada prioritas yang lain.

Tetapkan Budget Kebutuhan Rumah Tangga

Di tahun pertama pernikahan, tentunya akan banyak dana yang harus kita keluarkan.

Poin terpenting dari hal ini, adalah apa yang menjadi kebutuhan kita selama tahun pertama menjadi suami istri atau rumah tangga baru, tidak akan sama lagi dengan kebutuhan tahun kedua dan seterusnya.

Jadi, ketika ingin melakukan sebuah perubahan, diskusikanlah dengan partner kita, dan tanyakan beberapa hal yang bisa dilakukan berbeda dengan sebelumnya.

Tak cuma soal uang,  beberapa kebutuhan lain juga bisa didiskusikan. Misalnya meminta suami atau istri untuk lebih banyak mengurus anak jika memang salah satu sibuk bekerja. Kesempurnaan dari pembagian ini adalah ketika masing-masing pasangan lebih saling mengerti dan peka.

Meluangkan Waktu dan Memperbaiki Komunikasi

Luangkan Lebih Untuk Pasangan Kita

Sebuah hubungan adalah petualangan yang tidak bisa kita tentukan arahnya untuk selalu stabil, karena pasti akan ada naik dan turunnya.

Ya, sebuah hubungan adalah sesuatu yang kita lakukan terus menerus sperti sebuah investasi

Pasangan yang bertahan lama biasanya selalu mempunyai ritual atau aktivitas yang dilakukan seminggu sekali, sebulan, bahkan setahun untuk membuat hubungan tetap seperti dulu.

Salah satu bagian kecil-nya mungkin adalah seks, dan bagian besarnya adalah tradisi keluarga kecil yang kalian pertahankan.

Pentingnya Komunikasi

Apa yang terjadi sudah terjadi, nasi sudah jadi bubur ya dimakan saja ya. Jadi tidak perlu dibicarakan lagi.

Tetapi, kadang ada baiknya untuk mengeluarkan uneg-uneg yang masih tersisa. Ini bisa membantu melepaskan pasangan kita dari perasaan tertekan. Kalau diam saja, she would never know. 

Ingat, mengekspresikanya tidak dengan kekerasan fisik atau verbal, tapi komunikasi yang nyaman dan tenang.

Ingat Alasan Kenapa Kita Mau Menikah

Apa yang membuat kita suka dengan pasangan kita? Nonton film bareng, pergi piknik atau jalan-jalan bareng?

Lakukan lebih sering jika sudah menikah, itu akan membuat kita ingat kenapa kita mau menikah dengan pasangan kita saat ini.

Berhenti Menuntut,  Perbanyak Memuji dalam Pernikahan

Berhenti Menuntut

“Kita harus lebih toleransi dan lebih menerima”, beberapa orang mempunyai ekspektasi tentang pasangan yang kita inginkan daripada membiarkan pasangannya menjadi dirinya sendiri.

Terkadang kita menuntut sesuatu yang berbeda terhadap pasangan kita, yang membuat ia tidak nyaman. Lebih baik, cobalah untuk menerima pasangan kita apa adanya dan mencintai pribadi dan karakternya. You can’t have conditions or rules for your partner.

Lebih Sering Memuji Pasangan Kita

Jika dulu waktu berpacaran sering mengatakan pasangan kita cantik atau ganteng, mengapa sekarang tidak?

Tentunya, akan lebih banyak yang bisa kita puji sekarang, contohnya masakan yang semakin enak, wajah yang semakin berseri,  suami yang semakin gagah,  dan sebagainya.

Selain itu,  cobalah untuk saling berterima kasih karena kita mendapatkan pasangan yang yang kita inginkan, everthing became a happy moment if we can compliment our partner.**(Feb) 

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x