Self Development

Ingin Jadi Freelancer Sukses? Begini Caranya!

Ilustrasi freelancer. Dok/Shutterstock

SayaAjarkan – Freelancer, mengerjakannya sebetulnya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak orang yang menemukan kesuksesan di ranah ini, namun tak sedikit juga yang gagal total.

Di luar itu, ada banyak manfaat yang bisa kita nikmati dengan menjadi freelancer. Bekerja sebagai freelancer tidak hanya memungkinkan kamu untuk bekerja dengan kecepatanmu sendiri, tetapi juga menghadapkanmu ke banyak perusahaan, bisnis, profesional, serta mampu memperluas koneksi sosial kamu.

Jadi, bagaimana kamu bisa menjadi freelancer yang sukses, dengan hasil yang baik? Seperti mengutip laman Entrepreneur, ini enam cara terpenting yang harus kamu jalani. Sini saya ajarkan.

Tips sukses jadi Freelancer

Bergabung dengan platform freelancer
Hal pertama adalah menjual layanan kamu di tempat yang penuh dengan orang-orang yang membutuhkannya.

Buat profil pada platform freelance yang berbeda untuk memperluas koneksi dan mendapatkan nama kamu di luar sana. Dengan cara ini, perusahaan dan profesional akan tahu di mana menemukanmu, dan kamu akan dikelilingi oleh klien potensial.

Publikasikan layanan kamu
Terhubunglah dengan lingkaran sosial kamu dan buatlah info tentang layanan kamu sampai ke orang-orang yang kamu kenal secara pribadi.

Dengan cara ini, kenalan, saudara, teman, bisa menjadi klien potensial juga.

Mereka sebagai klien potensial kamu tidak akan memiliki keraguan tentang keterampilan dan hasil kerja kamu, karena mereka mengetahui kemampuanmu.

Tentukan spesialisasi kamu
Sekarang kesalahan umum yang dilakukan banyak freelancer adalah terlalu luas dalam hal keterampilan mereka.

Misalnya, mengiklankan dirimu hanya sebagai “penulis” atau “desain grafis” tidak terlalu menarik bagi klien.

Oleh karena itu, daripada menggeneralisasi keterampilanmu, cobalah untuk menjual spesialisasi khusus.

Jadi, jika kamu seorang penulis, kamu bisa memilih untuk menjual spesialisasi kamu di bidang “menulis blog anak-anak” atau “menulis artikel yang informatif.”

Pentingnya memiliki sifat aktif, terbuka, dan jujur pada kemampuan diri sendiri

Aktif dan responsif
Kamu tidak bisa begitu saja membuat akun, lalu meninggalkannya sampai kamu mendapatkan klien.

Jika kamu baru dan belum berpengalaman, maka ada kemungkinan besar klien akan menjauh. Kamu harus melakukan pengejaran sendiri.

Ingatlah untuk bersikap seresponsif mungkin, jawab pertanyaan apa pun yang diajukan klien segera setelah kamu menerimanya dan selalu bersikap profesional serta sopan.

Jika kamu dipekerjakan, pastikan untuk sering memberikan update untuk meyakinkan klien bahwa proyek selesai dengan cepat dan tepat waktu.

Terbuka untuk pekerjaan baru dari klien yang sama
Jika kamu telah berhasil mendapatkan klien, maka kamu perlu memastikan bahwa kamu mampu memenuhi atau melampaui harapannya.

Ingatlah bahwa ini tidak akan berhasil jika kamu melakukan pekerjaan dengan buruk, jadi pastikan untuk selalu menghasilkan pekerjaan berstandar tinggi.

Jangan ragu untuk bekerja dengan orang lain
Jangan terlalu percaya diri dan terlalu memaksakan diri. Jika seseorang mempekerjakan kamu untuk proyek besar yang tidak dapat kamu lakukan sendiri, beri tahu klien bahwa kamu perlu bekerja dengan orang lain untuk ini.

Jangan pernah mengambil kredit sendiri, karena ini akan menjadi boomerang bagi diri kamu.

Klien sangat menghargai kejujuran dan transparansi. Jadi, misalkan kamu perlu bantuan orang-orang tertentu, tidak ada alasan bagi klien untuk menolak.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top