Self Development

7 Pelajaran Penting dari Para Pemimpin Bisnis

Pemimpin dalam bisnis. Dok/ChiefOutsider

SayaAjarkan – Jika kamu adalah anggota tim junior atau di tingkat manajemen, kamu tentu masih harus belajar tentang bisnis industri dan peran pekerjaanmu setiap hari.

Banyak dari pembelajaran di atas yang dapat kamu lakukan sendiri. Namun, jika ingin meningkatkan jenjang karier dan kemajuan, lihatlah para pemimpin kamu. Perhatikan dan pelajarilah setiap tindakan mereka.

Ini tidak hanya akan mendorong kamu untuk membawa dirimu seperti seorang pemimpin, tetapi juga mengetahui seperti apa keterampilan manajemen yang baik dan buruk.

Berikut tujuh pelajaran penting yang sebaiknya kamu pelajari dari para pemimpin bisnis, agar kamu bisa menang dalam persaingan karier kamu.

Pelajari 7 Hal Ini dari Para Pemimpin Bisnis

Memotivasi orang
Memotivasi orang tidak mudah. Mungkin sulit untuk mendorong anggota tim untuk mengadopsi sikap ‘gercep’ jika mereka sudah mulai kehilangan motivasi.

Nah, biasanya seorang pemimpin dapat memberi beberapa wawasan tentang hal-hal yang tepat, untuk dikatakan kepada rekan kerja atau bawahan langsung saat itu terjadi.

Ingatlah bahwa setiap orang berbeda, dan sementara satu orang mungkin mendapat manfaat dari beberapa motivasi, yang lain justru makin putus asa.

Pemimpin yang baik akan mengenal tim mereka dan bagaimana mereka bereaksi terhadap kejadian yang berbeda di tempat kerja.

Mengadopsi keterampilan ini akan berguna saat kamu menjadi manajer, sehingga membantumu mengembangkan gaya manajerial yang lebih baik.

Meningkatkan keterampilan organisasi
Keterampilan organisasi adalah kunci untuk sebagian besar peran, dan penting untuk mempelajari apa yang berhasil untuk kamu sejak awal.

Tujuannya agar kamu bisa seproduktif mungkin dalam peran sehari-hari. Para pemimpin bisnis akan memiliki banyak trik untuk tetap terorganisir.

Mungkin, tidak semua cara yang mereka sodorkan akan berhasil untuk kamu, tetapi berbicara dengan mereka tentang bagaimana mereka tetap terorganisir, pasti akan mengajari kamu satu atau dua hal penting di tempat kerja.

Hadapi percakapan yang sulit dengan bijaksana
Tidak banyak orang yang menikmati percakapan yang sulit di tempat kerja. Namun, sangat penting bagi kamu untuk mendekati percakapan ini dengan bijaksana.

Para pemimpin bisnis sering kali mengadopsi pendekatan diplomatik untuk percakapan yang sulit dan membiarkan individu tersebut menyampaikan pendapatnya.

Membicarakan masalah daripada mendikte perubahan, akan lebih produktif. Dan ini akan memungkinkanmu membangun hubungan yang lebih baik dengan anggota tim.

Mengatakan ‘tidak’ secara konstruktif
Para pemimpin bisnis sering harus berdiskusi dengan klien eksternal atau penyedia pihak ketiga.

Namun, terkadang kolega atau profesional eksternal akan meminta tugas yang tidak mungkin kamu selesaikan dalam jangka waktu yang mereka inginkan.

Cobalah merespons dengan bijaksana, dengan cara yang tidak menyebabkan kesal.

Misalnya, jangan hanya menjawab dengan, “kami tidak dapat melakukan ini untuk Anda,” tapi katakan “kami akan meninjau beban kerja dan prioritas kami saat ini dan kembali kepada Anda minggu depan dengan proposal untuk memajukan tugas ini.”

Menerima Perubahan dan Memanusiakan Manusia

Terima perubahan
Perubahan terkadang bisa menakutkan, tetapi itu adalah peran pemimpin untuk membimbing tim melalui perubahan ini.

Seorang pemimpin yang hebat akan menunjukkan waktu perubahan sebagai kesempatan bagi anggota tim mereka untuk bersinar dan menunjukkan kreativitas di tempat kerja.

Ambil dan belajar dari kritik
Kritik bisa sulit untuk didengar, bahkan jika itu konstruktif. Namun, para pemimpin bisnis sering dikritik di tempat kerja.

Mereka dianggap bertanggung jawab atas kinerjanya sendiri dan kinerja tim mereka.

Belajar dari kesalahan dan bangkit dengan cepat akan membantu kamu berkembang dalam perjalanan karier.

Perlakukan orang sebagai individu
Penting untuk mengenali individualitas setiap pekerja, perbedaan orang inilah yang mendorong bisnis maju untuk mengembangkan ide-ide inovatif dan berpikiran maju.

Tidak hanya penting untuk memperlakukan tim kamu sebagai individu selama pengembangan pribadi mereka.

Penting juga untuk memastikan bahwa kamu mempertimbangkan kepribadian dan gaya kerja yang berbeda dari karyawan kamu.

Memanusiakan manusia bisa membuatmu mendapatkan yang terbaik dari karyawan kamu sepanjang karier mereka.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top