Technology

Kuota Internet Cepat Habis? Ini “Rahasia” Hemat Di Android!

kuota internet

Sayaajarkan – Akses internet di Indonesia makin hari memang makin terjangkau. Tapi bukan berarti murah banget kan? Padahal, kita pasti setuju kalau internet sudah menjadi kebutuhan pokok sehari-hari bagi semua orang terutama generasi milenial. Makannya banyak dari kita pasti mencari paket semurah-murahnya dan mendapat sebanyak-banyaknya kuota internet.

Bagaimana sih caranya supaya kita bisa hemat pemakaian kuota internet? Salah satu cara yang terpikirkan oleh sebagian banyak dari kita adalah untuk mencari akses wifi gratis di sekitar kita. Namun, apa jadinya kalau kita tidak tau password wifi di tempat kita berada dan mengharuskan kita tergantung dengan kuota internet yang dimiliki?

Baru isi kuota internet sudah habis aja. Padahal kita masih belum puas untuk streaming video, kepo instagram gebetan atau bahkan lagi streaming musik di HP kita. Well, mungkin cara-cara dari berbagai sumber ini bisa membantu. Sini saya ajarkan.

kuota internet

Sedih kuota internet habis. Credit Photo: google.com

1. Matikan Sinkronisasi

Teknologi mobile memang memudahkan, apalagi kecepatan 4G yang membuat kita bisa online dari dan dimana saja. Tapi hati-hati, selalu terhubung pasti memakan kuota data.

Salah satu cara berhemat adalah dengan mematikan fitur sinkronisasi HP Android kita. Kalau memungkinkan dan tidak mengganggu pekerjaan, buka email hanya di kantor atau hanya saat kita membutuhkannya.

2. Aktifkan “Data Saver” atau Gunakan Browser Hemat Data

Pada Google Chrome kita bisa menghemat pemakaian data dengan mengaktifkan fitur data saver. Intinya, dengan data saver browser hanya menampilkan yang perlu-perlu saja dan mengeliminir yang tidak terlalu penting. View-nya memang jadi tampak sederhana dan biasa, tapi yang penting kontennya bukan?

Atau kita juga bisa menggunakan browser macam Opera Mini yang bisa mengompres data. Hemat data = hemat uang.

3. Matikan “Auto Update”

Auto update memastikan software dan aplikasi yang kita pakai selalu yang terbaru. Tapi tidak selalu kan kita membutuhkannya? Apalagi pastinya, men-download update sebuah aplikasi akan menyedot kuota internet kita.

Untuk itu, matikanlah fitur auto update. Atau, buatlah supaya fitur tersebut hanya menyala jika sedang terhubung wifi unlimited gratis di kantor atau di rumah.

4. Batasi Penggunaan Data di Background

Kita tahu, salah satu kelebihan smartphone adalah dengan berbagai macam apps-nya kita bisa terhubung ke dunia maya anytime. Baik mengakses email, media sosial, atau apapun.

Tapi, kalau kita merasa benar-benar boros data, ada baiknya melakukan yang namanya “restrict background data”.  Jika kita aktifkan, ini akan membuat notifikasi kita terlambat datang. Well, kalau tidak urgent dan cuma eksis medsos, no problemo kan? 😀

5. Turunkan Resolusi Video YouTube

Ada yang bilang kalau “masa depan konten digital ada di video.” Well, apa sih yang tidak bisa kita lihat di YouTube? Sudah bukan rahasia lagi juga kalau banyak vlogger atau kreator konten mendapatkan nafkah dari situs berbagi video tersebut.

Yes. Tapi buat kita penonton dengan kuota terbatas, jangan sampai keasyikan malah membuat kita kehabisan paket data. Mengatasinya, selalu pilih resolusi video rendah. Misalnya 360p, atau yang terendah kalau masih nyaman, 144p. Jangan pilh HD kecuali akses internet unlimited. Semakin bagus atau tinggi kualitas video, semakin besar pula data yang terpakai.

kuota internet

Resolusi video youtube. Credit Photo: www.askdavetaylor.com

Well, cara-cara diatas mungkin bisa membantu menghemat kuota internet kita semua. Kalau ada tambahan cara lain yang mungkin terlewatkan, kasih tahu di kolom komentar, ya!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x