Technology

Baterai Laptop Cepat Rusak? Cek 4 Hal Ini!

Baterai Laptop: 4 Hal Sepele yang Bikin Cepat Rusak

Sayaajarkan – Punya laptop atau notebook harusnya mempermudah kita mobile dalam bekerja atau melakukan aktivitas lainnya. Tapi kalau baterai laptop drop, jadi tidak ada bedanya dengan komputer desktop yang harus selalu terhubung kabel listrik. Please, deh!

Malas dong baru menyalakan laptop buat mengetik atau browsing internet sebentar baterainya sudah mau habis saja. Ribet banget pastinya kalau harus selalu mencari colokan listrik di mana-mana.

Sedia payung sebelum hujan, lebih baik mencegah daripada mengobati. Buat yang baru beli laptop baru (atau bekas tapi masih oke), mendingan dari sekarang dirawat baik-baik supaya nanti baterainya tidak rusak.

Empat hal berikut mungkin terdengar sepele dan tidak pernah terpikirkan, tapi ternyata berdampak besar pada umur baterai laptop kita, loh. Hindari, ya!

Tanpa sadar, kita sering melakukan hal sepele yang berdampak buruk pada baterai laptop kita. Credit Photo: Liputan6.com

4 Hal Sepele yang bikin Baterai Laptop Cepat Rusak

Terus di-charge padahal sudah penuh

Mungkin kita sering berpikir, meski sudah di-charge sampai full, mumpung ada saklar listrik, sekalian saja biar tidak habis.

Waduh, membiarkan arus listrik terus mengalir ke baterai yang sudah terisi 100 persen malah berbahaya dapat merusak komponen-komponen baterai. Jadi seperlunya saja, ya biar baterai laptop tidak bocor!

Menunggu mati baru di-charge

Kalau tadi di-charge secara berlebihan, sekarang justru kelupaan yang bikin baterai cepat rusak. Mungkin sering saking tenggelamnya dalam aktivitas, tahu-tahu laptop mati karena baterainya habis. Usahakan mengisinya sebelum daya baterai berada di bawah 20 %.

Pakai charger KW

Kalau charger asli bawaan brand laptop kita sudah rusak, sebaiknya hindari memakai sembarang charger. Serius deh, meski murah, akibatnya bisa bikin menyesal.

Mending beli yang mahal sedikit tapi spesifikasinya pasti. Jangan sampai niatnya mau menghemat, malah jadi boros karena baterai rusak akibat lonjakan arus yang terlalu besar atau terlalu kecil dari charger KW. Keluar uang lagi nanti buat ganti baterai.

Suhu ekstrim

Mungkin sangat jarang terpikir, tapi suhu di sekitar saat sedang mengisi baterai laptop bisa berdampak buruk loh. Temperatur yang terlalu dingin maupun terlalu panas bisa membuat laptop bekerja lebih keras yang akhirnya menguras baterai. Tambah apesnya, hal itu bisa bikin baterai kehilangan daya simpannya. Usahakan charge laptop kita di tempat adem saja.

Nah, itu tadi empat hal sepele yang ternyata bisa membuat baterai laptop kita cepat rusak. Semoga bermanfaat ya.

Referensi:
www.acerid.com/2018/01/cara-merawat-baterai-laptop/

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x