New Products

Apple Silicon Akan Menjadi Processor Mac Di Masa Depan

Apple mengumumkan apple silicon

Sayaajarkan – Apple’s 2020 World Wide Developer Conference atau WWDC 2020 baru saja digelar secara virtual. Selain mengumumkan iOS 14 serta Siri ‘baru’ mereka, kejutan kali ini datang dari processor untuk perangkat MAC mereka yaitu Apple Silicon.

Walaupun mengejutkan, langkah yang dilakukan oleh Apple sangat masuk akal. Seperti kita tahu bahwa perangkat handphone mereka, Iphone, sudah memiliki chip bawaan sendiri. And it’s amazing!

Chip khusus ini artinya akan dioptimisasi agar dapat ‘menyatu’ dan beroperasi lebih baik dengan software yang mereka kembangkan sendiri juga. Intel yang selama ini menjadi processos di MAC, akan digantikan dengan Apple Silicon di perangkat-perangkat MAC di masa Depan.

Tim Cook, CEO Apple, mengatakan bahwa “hari ini adalah hari bersejarah untuk MAC”

Tanggal Peluncuran Serta performa Apple Silicon

Tim Cook mengatakan bahwa perangkat MAC pertama yang menggunakan processor buatan mereka sendiri akan diluncurkan pada akhir tahun 2020. Transisi dari processor Intel ke Apple Silicon diharapkan akan berlangsung selama dua tahun.

Karena proses yang masih cukup panjang, perangkat MAC dengan processor Intel masih tetap akan diproduksi. Setidaknya chip baru Apple ini belum akan menjadi ekslusif menjadi processor MAC mereka.

Dalam WWDC 2020 ini, Apple menjanjikan bahwa processor buatan mereka sendiri ini akan memiliki performa yang ciamik dan mengkonsumsi lebih sedikit baterai. Arsitektur umum berasis AMR di seluruh produk Apple akan memudahkan developer menulis dan mengoptimalkan aplikasi di setiap perangkat Apple.

Tim Cook memperkenalkan Apple Silicon di event WWDC 2020. Credit Photo: YT Channel @Apple

Aplikasi-aplikasi buatan Apple akan mendapatkan update agar dapat support dengan processor baru. Tentu saja mereka berharap developer aplikasi lainnya juga akan melakukan yang sama agar dapat kompatibel dengan Apple Silicon.

“Sebagian bersar developer akan dapat mengupdate aplikasi mereka dan dapat dijalankan dalam kurun waktu beberapa hari.” Craig Federighi, Senior Vice President of Software Engineering, mengatakan.

Microsoft dan Adobe menjadi beberapa perushaan yang sudah bekerja untuk membuat aplikasi mereka kompatibel dengan processor baru dari Apple ini. Word, Excel, bahkan Powerpoint menggunakan Metal tech dari Apple untuk melakukan rendering. Sedangkan dari Adobe, Apple mendemonstrasikan aplikasi pro Adobe seperti Lightroom dan Photoshop beroperasi secara ‘smooth‘ di Mac baru ini.

Mac yang sekarang sudah memiliki performa yang apik. Gak sabar ya untuk memiliki versi yang menggunakan Apple Silicon.

Saksikan Recap highlight WWDC 2020 dari Apple:

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x