Apps

Tutorial: Cara Menggunakan Zoom Bagi Pemula

Sayaajarkan – Zoom memang sangat gampang digunakan. Hal ini bikin kepopulerannya meroket beberapa tahun belakangan. Kebijakan work from home (WFH) selama pandemi COVID-19 pun membuatnya jadi tool wajib untuk bekerja remote.

Tapi meski gampang, bila baru pertama kali bisa saja kita bingung dibuatnya. Jangan khawatir, sini saya ajarkan ringkasan cara menggunakan aplikasi ini bila masih pemula.

Pertama, sebaiknya kita telah mendownload dan menginstall Zoom pada laptop atau smartphone. Bila baru akan melakukannya jelang mengikuti meeting, akan sangat merepotkan. File-nya lumayan besar dan akan memakan waktu dan kuota internet.

Cara Menggunakan Zoom Gampang Banget

Pada dasarnya, aplikasi ini kurang lebih sama seperti berbagai aplikasi chatting dan video conference lainnya macam Skype, Google Hangout, Whatsapp, dan lain sebagainya. Kita bisa chat via teks, suara, dan video bagi 1on1 maupun grup.

Cara Gabung Meeting

Baik lewat aplikasi di laptop, handphone maupun browser, prosesnya kurang lebih sama. Biasanya, kita akan mendapatkan undangan meeting via email. Tinggal klik link yang tersedia dan ikuti instruksi. Untuk mengkuti meeting, kita tidak wajib memiliki akun di sini. 

Selain lewat email, kita juga bisa mengikuti meeting lewat meeting ID yang kita terima. Tinggal buka Zoom, lalu masukan ID tersebut dan klik join.

cara untuk join zoom meeting
Mudahnya Zoom untuk digunakan membuat aplikasi ini semakin populer terutama bagi yang work from home (WFH). Photo credit: Sayaajarkan.com

Cara Host Meeting

Bila jadi peserta tidak memerlukan akun aplikasi ini, untuk menyelenggarakannya atau meng-host kita wajib punya. Buat akun di Zoom.us bila belum punya, lalu login di aplikasi.

Melalui websitenya, arahkan mouse ke bagian kanan atas, ke Host a Meeting, lalu pilih dengan atau tanpa video. Setelah beberapa saat, kita akan diarahkan untuk membuka aplikasi.

cara hosting zoom meeting
WFH membuat kepopulerannya meroket. Cara menggunakan Zoom pun mudah. Photo credit: Lifewire

Cara Menjadwalkan Meeting

Kita bisa menjadwal kapan mau melaksanakan rapat virtual kita. Masih lewat website, cari link Schedule a New Meeting di bagian atas website. Atur nama meeting, deskripsi, tangal dan jam dan lain sebagainya sesuai rencana lalu klik save.

Setelahnya, di bagian Join URL, klik Copy the Invitation lalu paste ke dalam email untuk dikirimkan ke para peserta rapat.

Gampang bukan cara menggunakan Zoom? Lihat dan coba langsung saja untuk lebih detailnya!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x