Apps

Bahaya Mengintai! Cara Melindungi Smartphone dari Hacker

Sayaajarkan – Ibarat rumah yang harus dikunci saat malam hari supaya tidak kemalingan, kita wajib tahu cara melindungi smartphone dari serangan hacker. Pasalnya perangkat Android maupun iPhone kita selalu terhubung ke internet. 

Di era serba digital ini, kita tidak bisa lepas dari smartphone dan internet. Semuanya serba online dari order makanan, hingga cari pacar. Tapi semakin pintar perangkat kita, semakin besar pula bahaya yang mengintai.

Tidak mau kan data pribadi macam password hingga foto-foto pribadi jatuh ke orang jahat? Jangan sampai kita cuma asyik doang menggunakan smartphone tapi malas dalam melindunginya. 

Cara Melindungi Smartphone Dari Serangan Hacker

Meski sebenernya mudah, terkadang kita sering abai dan lupa. Sini saya ajarkan caranya! Setidaknya lakukan beberapa hal berikut.

Hacker. Credit Photo: Getty Images
Hacker. Credit Photo: Getty Images

Rajin update OS dan apps

Tidak ada software yang sempurna. Oleh karena itu perusahaan pembuat software selalu memperbaruinya secara berkala. Jangan menunda update OS dan apps terbaru. Pasalnya update-an tersebut memperbaiki kekurangan serta menutup celah keamanan perangkat kita.

Hindari Wifi publik

Menggunakan wifi publik seperti di bandara atau hotel memang terlihat menyenangkan karena biasanya gratis. Irit kuota internet jadinya. Tapi sebaiknya dihindari karena hacker bisa saja mengintai. Apalagi saat kita sedang menggunakan akses tersebut untuk login hal-hal seperti e-banking. Usahakan memakai koneksi pribadi.

password wifi

Gunakan anti-virus

Hacker kerap menggunakan malware untuk menyusup lalu mencuri password dan informasi akun kita. Menggunakan antivirus bisa jadi cara untuk memeranginya.

Hati-hati apps permission

Mungkin saat setelah kita mendownload apps kita sering cuek mengiyakan semua apps permission. Padahal, ini adalah celah bagi orang tak bertanggung jawab untuk mencuri data pribadi kita. Pastikan apps kita terpercaya. Jangan sampai kita memperbolehkan orang luar seenaknya melihat apa yang ada di dalam smartphone kita.

Jangan mengakses situs dewasa

Situs-situs dewasa bukan rahasia lagi merupakan gudangnya virus dan malware. Jangan sampai kesenangan sesaat membuat smartphone kita yang banyak berisi dokumen penting dan data pribadi jadi terancam.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top