Apps

Cara Gampang Bikin Foto Instagrammu jadi Keren!

Foto Instagram modal HP

Sayaajarkan – Ingin tahu cara bikin foto Instagram keren? Bosan terlihat biasa saja?

Kalau ingin postingan Instagrammu jadi istimewa tapi nggak punya kamera DSLR atau mirrorless mahal, jangan khawatir, zaman sekarang mah kamera di handphone (HP) kita umumnya sudah bagus banget.

Ya, bermodal smartphone yang kamu pegang saat ini, kita bisa banget kok menghasilkan foto-foto keren buat Instagram. Yang penting jangan asal jepret, ada triknya!

Cara Bikin Foto Instagram Keren

Sebelum jago fotografi dan menguasai segala tekniknya bak Darwis Triadi, berbekal sedikit pengetahuan kita sudah bisa melihat bedanya kok.

Penasaran kan?

Cahaya adalah fondasi dari sebuah foto yang bagus

Ya, cahaya memegang peranan sangat penting. Hal pertama adalah hindari penggunaan flash. Soalnya, flash bisa membuat obyek foto kita jadi terlihat datar.

Manfaatkan penerangan alami dari matahari. Bila indoor, jangan jauh-jauh dari sumber cahaya seperti jendela.

Ingin foto Instagrammu keren? Sebisa mungkin manfaatkan pencahayaan alami dalam memotret. (Photo credit: Instagram.com/really_really_lizzy)

Lalu bagaimana bila malam hari? Manfaatkan penerangan seperti lampu jalan atau toko sekitar kita.

Selain pencahayaan alami, hindari juga cahaya berlebih alias overexposure. Hal ini bisa menyebabkan foto menjadi lebih terang dari aslinya, detail obyek foto pun menjadi berkurang.

Mengatasinya, cukup dengan mengatur lighting sebelum memotret. Sesuaikan lighting dengan tap layar smartphone di titik terterang sesuai keinginan.

Jangan sampai overexposure bila ingin foto Instagram kita keren. Atur lighting, tap pada bagian tertentu di layar smartphone sampai mendapatkan pencahayaan terbaik sebelum memotret. (Photo credit: Sayaajarkan.com)

Ikuti Konsep ‘Rule of Thirds’

Selain pencahayaan, tips fotografi yang bisa dicoba untuk menghasilkan foto Instagram keren adalah penggunaan ‘rule of thirds.’ Singkatnya, dalam teknik ini kita membagi bidang foto menjadi 9 elemen (2 garis horisontal, 2 garis vertikal).

Nah, elemen terpenting atau objek foto kita tempatkan sepanjang salah satu garis horisontal atau vertikal tersebut (1/3 bagian bidang foto). Cukup aktifkan fitur grid lines pada smarthone kamu sebelum memotret.

Lihat contoh di bawah:

Penasaran bagaimana cara bikin foto Instagram keren? Teknik ‘rule of thirds’ dalam fotografi bisa banget kita terapkan meski cuma bermodal smartphone. (Photo credit: Via Foto.co.id)

Be creative!

Mungkin ada berjutaan teknik fotografi yang bisa diterapkan untuk medapatkan foto yang keren. Meski begitu, kreatifitas merupakan modal terpenting dalam menghasilkan karya.

Jangan malas mencoba ide-ide baru! Karena sebagus apapun sebuah karya kalau sudah banyak yang sama jadi biasa saja bukan?

Kreatifitas adalah kunci. (Photo credit: Pixabay)

Bagaimana menurutmu? Siap mencoba? Atau punya tips dan cara lain bikin foto Instagram keren yang perlu ditambahkan? Jangan sungkan share, ya!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x