Apps

Baca Buku Kuliah Gratis di Perpustakaan Digital Ini!

buku wajib

Sayaajarkan – Buku kuliah gratis mungkin jadi mimpi banyak mahasiswa di tengah pandemi. Pasalnya, gara-gara pandemi, aktifitas membaca dan pinjam meminjam buku di perpustakaan tak bisa dilakukan lagi.

Juga kita tahu, untuk membeli buku kuliah tidaklah murah. Dan, tidak semua bahan ajar bisa di-download gratis dari internet.

Mungkinkah kita bisa membaca buku-buku perkuliahan secara gratis tanpa harus ke gedung perpustakaan atau membeli?

Ilustrasi pandemi COVID-19 membuat perpustakaan tutup (Photo credit: Pixabay)

Well, perpustakaan digital Universitas Terbuka (UT) saat artikel ini ditulis, sedang membuka akses terhadap berbagai versi digital dari buku-buku kuliah yang digunakannya sebagai bahan ajar.

Berbagai materi yang diajarkan di Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST) hingga program Pascasarjana bisa kita baca e-book nya secara online dan gratis.

Ruang Baca Virtual (RBV)

Mengutip laman perpustakan digital UT, dibukanya akses RBV untuk umum merupakan salah satu yang dilakukan UT dalam rangka membantu perguruan tinggi negeri dan swasta yang ingin melaksanakan online learning sebagai alternatif kuliah tatap muka di tengah pandemi COVID-19.

Bagi yang belum tahu, UT merupakan PTN ke-45 di Indonesia. Berdiri sejak 1984, UT telah lama menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh.

Untuk membaca buku-buku perkuliahan UT, melalui laman website www.ut.ac.id cari UT Online, kemudian pilih Perpustakaan Digital pada Layanan Belajar Online.

Kita bisa membaca buku-buku kuliah secara gratis di perpustakaan digital Universitas Terbuka (Photo credit: Screenshot www.ut.ac.id)

Cari RBV. Di sana lah kita bisa membaca buku-buku kuliah UT secara gratis. Sejauh ini, terdapat 1350 matakuliah yang bisa kita akses.

Di RBV, pilih modul atau matakuliah yang ingin dibaca. Lalu, pilih BMP Fulltext untuk mengakses seluruh isi buku.

Ruang Baca Virtual Universitas Terbuka (Photo credit: www.ut.ac.id)

Masukan “mahasiswa” untuk user, “utpeduli” untuk password, lalu masukkan kode captcha yang tertera. Dan voila! Selamat membaca!

Meski mungkin tidak senyaman membaca buku fisik atau e-book berbayar karena tampilan yang kuno dan seadanya, buku-buku yang terdapat pada RBV ini sangat layak dan berguna untuk dibaca.

Bagaimana menurutmu?

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top