Technology

Tips Cegah Smartphone Overheat

Ilustrasi Smartphone Overheat. Dok/AVG

SayaAjarkan – Kita mungkin sudah tahu bahwa suhu yang cukup panas di beberapa wilayah di Indonesia berisiko membuat gadget yang kita miliki mengalami overheat. Termasuk smartphone kamu.

Namun, tahukah kamu, suhu lingkungan bukan satu-satunya penyebab hal tersebut. Terkadang, pemakaian berlebihan juga bisa menjadi penyebab utama.

Oleh karena itu. Selain sebisa mungkin kita menjaga smartphone dari paparan sinar matahari, perlu juga dilakukan beberapa hal untuk menjaganya dari kepanasan.

Mengapa ponsel menjadi panas?

Suhu internal ponsel sebenarnya didasarkan pada suhu lingkungannya.

Namun di luar itu, ada banyak alasan mengapa smartphone bisa menjadi terlalu panas, dan ini tidak melulu terkait dengan suhu tinggi di lingkungan luar.

Contohnya jika kita terlalu banyak aplikasi yang berjalan, yang membuatnya menggunakan banyak tenaga baterai. Ini tentu akan memanaskan ponsel kalian.

Masalah lainnya juga bisa muncul jika kita terus-menerus menggunakan ponsel, ini pun akan meningkatkan suhu ponsel.

Nah, agar smartphone kita awet, berikut beberapa tips yang bisa kita coba bersama. Sini saya ajarkan.

Tips cegah Smartphone Overheat

Hindari sinar matahari langsung
Cara termudah untuk mencegah panas berlebih adalah dengan menjauhkan ponsel dari sinar matahari. Ponsel bisa menangkap cahaya dan panas dari matahari dan tidak mampu menahannya.

Matikan aplikasi yang tidak digunakan
Aplikasi yang terbuka dan tidak digunakan, akan tetap berjalan san menyebabkan ponsel bekerja keras. Jadi jangan heran jika ia jadi cepat panas.

Untuk solusinya, sangat sederhana, matikan semua aplikasi yang tidak kita pakai. Selain menghindari kepanasan, ini juga akan meningkatkan masa pakai baterai smartphone kita.

Hindari terlalu sering menaikkan kecerahan cahaya layar
Terlalu sering menaikkan kecerahan layar ponsel akan memaksa baterai bekerja lebih keras dan menghasilkan lebih banyak panas.

Sebagai gantinya, cari pelindung layar anti-silau untuk perangkat ponsel kalian.

Gunakan mode pesawat
Sesekali gunakan mode pesawat untuk menonaktifkan hal-hal tidak penting l dalam ponsel yang dapat menghabiskan baterai.

Lepaskan case ponsel
Jika ponsel kepanasan, casing sama sekali tidak membantu. Melepas casing ponsel akan memungkinkan ventilasi panas ponsel melakukan tugasnya dengan optimal tanpa terhalang. Dan ini bisa mencegah ponsel kepanasan terlalu lama.

Tips Dinginkan Smartphone yang Overheat

Nah, jika ponsel sudah terlanjur kepanasan, coba dinginkan dengan cepat lewat tips ini.

Selalu upgrade aplikasi
Banyak pembaruan Apps menyertakan perbaikan bug yang dapat meningkatkan efisiensi ponsel. Ini berarti aplikasi akan menggunakan lebih sedikit energi ponsel.

Pisahkan ponsel dari gadget lain
Menumpuk ponsel, tablet, dan komputer dalam satu tas membuatnya lebih rentan terhadap panas berlebih. Bantu ponsel tetap dingin dengan memisahkannya dari gadget lain.

Kurangi aplikasi aktif yang tidak dibutuhkan
Jika ponsel terus menjadi terlalu panas, mungkin kita bisa mempertimbangkan mengurangi jumlah item yang tidak perlu di ponsel, seperti notifikasi media sosial, atau game. Kita juga bisa membuang aplikasi yang tidak pernah digunakan.

Kipas atau tiup ponsel
Ini mungkin terdengar konyol, tetapi mengipasi ponsel, meniupnya, atau mendinginkannya di depan lubang AC mobil dapat membantu.

Angin sepoi-sepoi dapat membantu mendinginkan ponsel saat overheating.

Awas, hindari perubahan temperatur yang mendadak

Kita mungkin tergoda untuk meletakkan ponsel yang overheating di lemari es atau freezer selama satu atau dua menit, tetapi ini bukan hal baik.

Mengekspos ponsel ke perubahan suhu ekstrem akan membuat komponen tegang dan juga berisiko mengumpulkan kelembapan, ini justru bisa merusak ponsel kita.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x