Technology

Dark Mode pada Smartphone, Baguskah untuk Mata?

Dark Mode. Dok/Quora

SayaAjarkan – Seperti kita ketahui, pengaturan default pada sebagian besar layar smartphone adalah teks hitam dengan latar belakang putih. Seiring majunya zaman, belakangan lahir fitur dark mode atau mode gelap, yang menampilkan teks putih dengan latar belakang gelap.

Dark mode atau mode gelap muncul untuk mengurangi paparan cahaya biru dan membantu mengatasi ketegangan mata akibat menatap layar dalam waktu yang lama.

Tidak ada bukti pasti yang menunjukkan bahwa dark mode melakukan kebaikan ini. Tetapi mari lihat lebih lanjut tentang fiturnya.

Apa hubungan cahaya biru dengan dark mode?

Untuk memahami apakah dark mode memiliki manfaat kesehatan, pertama-tama kamu harus mempertimbangkan bagaimana cahaya biru mempengaruhi mata.

Gelombang cahaya biru dipancarkan langsung dari layar gadget. Tapi cahaya biru datang terutama dari matahari, menyebar ke atmosfer bumi, dan mewarnai langit dengan warna biru.

Gelombang ini memiliki lebih banyak energi daripada warna cahaya lainnya dan mengirimkan sinyal ke otak bahwa ini adalah siang hari.

Orang-orang yang mempromosikan dark mode terkadang mengklaim bahwa menggunakannya beberapa jam sebelum waktu tidur membantu mereka tertidur lebih cepat.

Secara teori, ini karena pengaturan layar default membuatmu terpapar lebih banyak cahaya biru.

Ini bisa mengganggu ritme sirkadian kamu dan menekan melatonin, hormon yang memberi sinyal pada tubuh bahwa sudah waktunya tidur.

Dark mode mungkin juga lebih mudah dibaca, terutama saat berada di ruangan dengan lampu mati.

Pengurangan cahaya biru dapat mengurangi mata juling atau ketegangan yang terkait dengan kecerahan dalam jumlah tinggi.

Anekdot tentang cahaya biru dan mata ini tidak harus didukung oleh penelitian atau didukung oleh pendapat ahli.

Adakah manfaat menggunakan mode gelap?

American Academy of Ophthalmology (AAO) menyatakan bahwa ketegangan mata salah satunya disebabkan oleh cara menggunakan perangkat digital. Ini berarti penyebabnya belum tentu karena cahaya biru yang berasal darinya.

Ya! Penelitian tentang efek dark mode masih jauh dari konklusif. Tetapi secara anekdot, beberapa orang mengklaim bahwa menggunakan mode gelap memang menguntungkan mereka, antara lain:

Dapat mengurangi ketegangan mata
Penggemar mode gelap mengklaim bahwa itu dapat meningkatkan jumlah kontras antara teks yang dibaca dan latar belakangnya.

Secara teori, ini akan membuatnya lebih mudah dibaca. Karena membaca untuk waktu yang lama di layar dapat menyebabkan ketegangan mata dan mata kering.

Mengurangi paparan cahaya biru
Paparan cahaya biru memang telah menunjukkan efek samping, seperti kesulitan tidur dan ketegangan mata.

Mode gelap dapat mengurangi eksposur mata terhadap cahaya biru, tetapi kamu juga dapat mencapai hasil ini dengan menurunkan kecerahan layar di ruangan yang gelap.

Meningkatkan masa pakai baterai pada device kamu
Ini bukan manfaat kesehatan. Tetapi jika kamu sering melihat layar smartphone tanpa dark mode, baterai kamu lebih cepat terkuras sehingga perlu waktu charge lebih lama.

Dapat membantu melindungi mata
Beberapa gejala mata dapat menunjukkan sudah waktunya untuk mulai menggunakan mode gelap untuk membantu melindungi mata dan mengurangi paparan cahaya biru.

Gejalanya antara lain:

  • Mata kering
  • Nyeri mata dan tegang
  • Peningkatan sakit kepala atau migrain
  • Insomnia atau kesulitan untuk tidur
  • Gangguan penglihatan
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top