Apps

Mobile Game: Tips Supaya Baterai Tahan Lama

mobile game : tips supaya baterai awet

Sayaajarkan – Hobi main game di smartphone? Mobile game seperti Mobile Legends atau PUBG Mobile memang mengasyikan. Apalagi kalau mainnya bareng teman-teman di kumpulan. Seru banget deh pokoknya.

Tapi keseruan mungkin akan berubah jadi sederet umpatan kalau tiba-tiba kehabisan daya baterai. Selain kuota internet dan sinyal wifi, kondisi baterai smartphone yang mendadak tidak bersahabat juga bisa mengacaukan suasana.

Nah sebelum itu terjadi, supaya smartphone hemat baterai dan tidak cepat low-bat saat dipakai nge-game, sini saya ajarkan caranya. Gampang dan umum banget sebenarnya, tapi mungkin sering terlupakan.

Tips Baterai Awet saat Main Mobile Game

Nyalakan penghemat baterai

Di smartphone kita pasti tersedia fitur penghemat baterai. Meski bisa memiliki nama berbeda di setiap perangkat, umumnya seputar Power Saver Mode atau Battery Saver. Lihat Pengaturan (settings) pada smartphone, lalu baterai, biasanya opsi penghematan ada di dalamnya.

Kecerahan layar dan kualitas grafis punya pengaruh terhadap keawetan baterai. Credit photo: dnaindia.com
Kecerahan layar dan kualitas grafis punya pengaruh terhadap keawetan baterai. Credit photo: dnaindia.com

Turunkan kualitas grafis game

Bermain game online tanpa gambar kualitas HD mungkin terasa kurang memuaskan mata. Tapi, cara ini bisa dipilih bila kita memikirkan durasi baterai. Supaya hemat baterai, turunkan ke kualitas grafis paling rendah. Buka settings dan cari pilihan mode grafis pada aplikasi game. Menurunkan grafis game juga membuat baterai tidak cepat panas dan akhirnya lebih awet.

Turunkan tingkat kecerahan layar

Semakin terang layar smartphone kita, semakin banyak daya baterai yang dipakai. Supaya lebih hemat, tidak ada salahnya menurunkan tingkat kecerahan layar sampai ke batas mata kita masih nyaman melihatnya. Caranya gampang, umumnya tinggal swipe ke bawah bagian atas layar smartphone dan geser pengatur kecerahannya.

Tutup aplikasi background

Pada smartphone, kita kerap lupa kalau meski tidak digunakan, aplikasi yang sebelumnya kita pakai masih berjalan di background. Untuk itu, sebaiknya tutup terlebih dahulu semua kecuali game yang sedang kita mainkan. Pada smartphone Android, biasanya tinggal tap logo tab ganda di pojok kiri bawah lalu pilih tutup semua.

Punya tips lain supaya baterai smartphone lebih hemat saat bermain mobile games?

Anyways, kalau sudah merasa jago, tidak ada salahnya merekam aksi kita bermain mobile gaming lalu menguploadnya ke YouTube. Siapa tahu kan, selain jadi gamer beken, jadi YouTuber kondang pula?

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top