Apps

Ojek Online: Cara Pesan Lewat Google Maps

Usai dapat shareloc biar tambah praktis pesan ojek online langsung lewat Google Maps saja (Photo credit: Pixabay)

Sayaajarkan – Malu bertanya sesat di jalan. Tapi di zaman serba online, cukup pakai Google Maps supaya tidak tersesat saat bepergian.

Meski tidak sempurna, keberadaannya sangat membantu bagi kita yang tidak hapal jalan. Baik mengendarai sepeda motor, mobil, atau berjalan kaki, Google Maps bisa menunjukan arah mana yang harus kita tempuh. Tidak perlu selalu bertanya kepada orang soal arah jalan bukan?

Dan bagi yang kerap memakai jasa ojek atau taksi online, kita bisa memesannya dari aplikasi tersebut. Misalnya saat kita janjian dengan teman kita dan dia membagikan lokasinya (share location) lewat WhatsApp.

Pesan Gojek dan Grab Lewat Google Maps

Google Maps memang terintergrasi dengan banyak layanan online lain. Jadi tidak perlu repot mengisi alamat atau mencari titik lokasi lagi pada peta.

Kalau belum tahu, caranya mudah kok. Pertama, tentu klik lokasi atau alamat yang telah dibagikan oleh teman kita tadi.

Kedua, pilih ikon sepeda motor di bagian atas layar smartphone kita. Ikon Gojek dan Grab muncul di bawah, beserta perkiraan waktu tempuh dan biaya perjalanan masing-masing aplikator.

Setelah membandingkan harga dan estimasi waktu, tinggal pilih layanan mana yang kita ingin pakai lalu buka ketuk “BUKA APL.”

Pesan Gojek dan Grab langsung dari Google Maps kita (Photo credit: Screenshot)

Ganti Mode Transportasi

Setelah aplikasi terbuka, kita bisa langsung memesan seperti biasa. Kita bisa mengganti moda transportasi yang kita inginkan sebelum memesan.

Caranya cukup ketuk jenis layanannya apakah sepeda motor (bike) atau mobil (car). Dan pengemudi pun akan segera menjemput kita di titik penjemputan.

Layanan Transportasi Online Lain

Fitur pemesanan Gojek dan Grab telah ditambahkan ke Google Maps sejak 2016. Fitur tersebut sebelumnya hanya diisi oleh Uber sebelum akhirnya mereka berhenti beroperasi di Indonesia.

Sedangkan layanan lain seperti Maxim dan InDriver sayangnya belum bisa dipesan langsung lewat Google Maps. Kita harus memesan dan memilih titik jemput dan antar langsung lewat aplikasi masing-masing.

Oh ya, selalu patuhi protokol kesehatan saat bepergian menggunakan transportasi umum. Demi keamanan dan kenyamanan bersama, jangan lupa pakai masker, selalu jaga jarak, dan rajin-rajin cuci tangan.

Have a nice trip!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top